5 Jenis Bahan Pembuat Kandang Burung

Kandang burung atau sangkar burung merupakan kandang atau rumah untuk seekor burung yang berbentuk kotak atau bulat dengan berbagai ukuran sesuai dengan ukuran burung tersebut. Hal tersebut bertujuan agar sang burung merasa nyaman dan tidak mudah stress saat berada dikandang burung. Oleh karena itu, ketika akan membeli kandang burung dapat diibaratkan memilih rumah sendiri.

Sehingga jika salah pilih kandang dapat mengganggu kenyamanan burung yang tinggal di dalamnya. Supaya burung peliharaan yang dimiliki tidak akan kabur dan merasa nyaman di sangkarnya, lebih baik kenali terlebih dahulu jenis-jenis kandang burung, dan nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari burung peliharaan yang dimiliki. Ada macam-macam jenis bahan untuk membuat kandang burung, berikut penjelasannya:

1. Kayu
Banyak kandang burung yang berasal dari bahan utamanya kayu. Jika dilihat dari harga mahal atau murahnya sangkar ini tergantung dengan jenis kayu yang nantinya digunakan. Salah satu contohnya, sangkar atau kandang burung dengan bahan utamanya kayu pipuh, biasanya dipatok dengan harga serratus ribu rupiah saja. Namun, untuk sangkar yang bahan utamanya terbuat dari kayu besi, kayu sungkai dan juga kayu ulin, biasanya dipatok dengan harga yang cukup mahal.

2. Besi
Besi ternyata termasuk salah satu logam yang aman untuk burung. Namun, hindari kandang burung yang berasal dari logam seperti kekuningan, tembaga. Timah dan juga seng. Dan juga perlu diperhatikan bahwa, besi yang tidak memiliki racun untuk burung adalah yang tidak dicat anti karat. Harga sangkar dari besi tergantung dengan kelas-kelasnya, ada besi yang berbentuk pipih dan juga besi solid.

3. Kayu Solid
Macam jenis bahan untuk membuat kandang burung yang ketiga adalah berasal dari kayu solid. Kayu solid memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya. Dimana dalam membuat kandang burung dengan menggunakan kayu solid, memiliki tujuan agar terhindar dari sambungan-sambungan. Kayu solid gelondongan asli nantinya akan diukir, biasanya kerajinan ini dapat ditemukan di beberapa pengrajin di daerah bali.


4. Bambu
Meskipun bamboo terbilang bahan yang memiliki harga murah meriah dan juga sangat mudah untuk didapatkan, tetapi dalam melakukan pengerjaan kandang atau sangkarnya harus dengan ketelitian dan citra seni yang tinggi. Dan nantinya akan mempengaruhi harga kadang burung tersebut nantinya.
Namun biasanya dan kebanyakan untuk harga kandang burung yang terbuat dari bambu, tidak dihargai terlalu mahal. Dan untuk kualitas yang paling bagus pun, masih dapat didapatkan dengan harga yang terjangkau yaitu tiga ratus ribu rupiah saja.

5. Kawat
Jenis kandang burung dengan bahan utamanya dari kawat termasuk atau tergolong kandang yang paling rendah, karena biasanya hanya memerlukan sebuah kayu pipih kecil yang nantinya akan digunakan sebagai kerangka. Kerangka tersebut nantinya akan di diselimuti dengan sebuah kawat. Oleh karena itu, kandang burung dengan bahan utamanya kawat merupakan kandang yang paling murah, karena dapat didapat dengan uang 50 ribu saja.

Selain bahannya yang harus di perhatikan, ternyata ukuran kandang burung pun harus diperhatikan. Ukuran kandang burung harus disesuaikan dengan kebutuhan atau dengan ukuran burung, jenis burung dan gaya burung atau gerakan burung ketika mereka sedang berkicau. Karena jika ada kesalahan dalam penempatan, bisa jadi akan berakibat sangat fatal keada burung peliharaan yang dimiliki.

Dan itulah 5 jenis bahan pembuat kandang burung. Selain bahan dan ukuran kadang burung, ternyata kebersihannyapun perlu diperhatikan. Karena, kandang burung yang bersih dapat membuat burung jadi betah dan akan terjaga kesehatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *