Keistimewaan burung rajawali Yang Hrus diketahui

Populasi burung langka di Indonesia ini sangat banyak dan beragam. Terjadinya kelangkaan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satu yang yang paling banyak pengaruhnya karena kejahilan manusia yaitu, memburu dan menembak burung rajawali untuk dilelang dan dijual karena harganya yang sangat mahal. Berbicara mengenai burung rajawali, burung yang satu ini memang sekilas mirip dengan burung elang, namun jika kita amati secara seksama kedua burung tersebut sangat jauh berbeda. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai keistimewaan burung rajawali, yang sekarang ini menjadi salah satu burung langka dan di lindungi di Indonesia. Mau tahukah apa sajakah itu mari kita bahas dan simak bersama-sama.

Burung rajawali adalah burung dari upafamilia aquilinae, dibandingkan dengan burung lainnya burung rajawali termasuk burung yang memiliki umur yang panjang. Burung rajawali juga dalam hidupnya bisa hidup kurang lebih hingga 70 tahun lamanya. Untuk kelangsungan hidupnya, burung rajawali biasanya memakan serangga yang memiliki ukuran tubuh yang besar. Pada jenis burung rajawali yang tinggal di wilayah perairan, mereka mencari makanan dengan mamangsa ikan di sungai, di danau atau bahkan di lautan. Burung rajawali memiliki banyak keistimewaan dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Dalam uraian kali ini kita akan membahasnya secara lebih singkat dan jelas, supaya memudahkan anda untuk mengenali dan mempelajari hewan yang satu ini.


Keistimewaan burung rajawali yang pertama adalah memiliki penglihatan yang sangat tajam, bahkan lebih tajam dari penglihatan manusia. Perlu anda ketahui ketajaman penglihatan burung rajawali lebih dari 1.000.000 per mm persegi untuk buteo, sedangkan pada manusia hanya memiliki 200.000, bagaimana perbandingan yang sangat mengejutkan bukan ?.
keistimewaan burung rajawali yang kedua adalah tidak takut dengan badai, kebanyakan burung selalu menghindari badai saat mereka sedang terbang. Namun berbeda dengan hewan yang satu ini bukannya menghindar, malah mereka menembus badai dan mendobrak kekuatan tegangan badai hingga akhirnya mereka mendapatkan arus udara yang tenang kembali.

Yang ketiga kekuatan sayap sang rajawali bisa membuatnya terbang melanglang buana jauh tinggi sekali. Kekuatannya terbang begitu tinggi dengan memanfaatkan arus udara di ketinggian, sehingga rajawali tidak mudah lelah di ketinggian.

Yang keempat kemampuan dan rangsangan. Indra penciuman terhadap mangsa sangat kuat dan tajam, sehingga kalo rajawali membidik mangsa nya selalu tepat sasaran.

Yang ke lima keistimewaan rajawali adalah sangat pintar. Dalam menjaga anak – anak bayi rajawali dan menjaganya dari predator, Rajawali memberi makan mereka hingga mengajari mereka cara terbang hingga bayi rajawali mahir terbang. Biasanya sang induk menggoyangkan sarang mereka hingga bayi rajawali terjatuh dan melayang di udara, jika anak rajawali akan sampai ke tanah maka si induk dengan sigap menangkapnya melalui punggung si induk hingga bayi rajawali tetap aman dan selamat.

Yang keenam keunikan sarang rajawali. Perlu diketahui bahwa biasanya burung rajawali selalu membuat sarang mereka di puncak gunung tertinggi, dengan memilih pohon yang paling tinggi di sana ukuran sarangnya pun sangatlah luas bahkan bisa mencapai bobotnya 700 kg, manusia sekali pun bisa tidur di dalamnya namun pastinya hal tersebut sangat mengerikan.

Beberapa uraian mengenai keistimewaan burung rajawali telah kita bahas diatas, semoga bisa menjadi salah satu referensi dan informasi yang bermanfaat bagi kalian untuk menambah ilmu pengetahuan dan informasi seputar burung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *